GANDENG KONSULTAN, IDeA INDONESIA SIAP MELESAT MENJADI OPERATOR PERHOTELAN

Menggeluti dunia pelatihan bidang perhotelan telah mengantarkan IDeA Indonesia menjadi jawara pada ajang Apresiasi Lembaga Pelatihan Berprestasi tingkat Nasional di Makassar awal September 2019 lalu. Penghargaan diserahkan oleh Dirjen Paud Dikmas Kemendikbud dan diterima langsung oleh Managing Director IDeA Indonesia, Eko Desriyanto. 

Banyak pihak bertanya, apa rencana IDeA Indonesia setelah menjadi juara nasional?.  Rupanya, IDeA Indonesia telah menyiapkan rencana expansi bisnis berikutnya. Ditemui usai rapat terbatas dengan perusahaan konsultan management perhotelan, Excellence Plus Indonesia, Managing Director IDeA Indonesia memberi sedikit bocoran kepada team redaksi mengenai rencana IDeA Indonesia pada beberapa tahun ke depan. “Kita baru saja membahas bagaimana meningkatkan pelayanan kepada siswa dan alumni secara optimal dengan memangkas waktu dan proses pelatihan, mempercepat penempatan kerja dan mengurangi ketergantungan pada industry orang lain”

Pertama, proses pelatihan yang biasanya dilakukan dengan 3 + 6 bulan, akan dipangkas menjadi 4 + 3 bulan saja, namun dengan kualitas lulusan yang lebih berkualitas. 

Kedua, mempercepat penempatan kerja ini dilakukan dengan menggandeng konsultan yang memiliki jaringan hotel di seluruh Indonesia. Cara lainnya adalah berkolaborasi dengan PJTKI resmi untuk menyalurkan kerja ke hotel internasional.

Ketiga, IDeA akan mendirikan perusahaan operator property dengan menjadikan Aidia Grande Hotel sebagai percontohan bagi para pemilik property. Kita memiliki skema investasi yang pasti menarik dengan ROI property yang kita kelola, hanya 7 maksimal 8 tahun. Target kita dalam 5 tahun ke depan adalah 100 hotel under IDeA Indonesia Management.

Eko menambahkan, dengan memiliki 100 hotel di bawah management IDeA Indonesia, maka IDeA memastikan keterserapan 1000 alumni di dunia kerja setiap tahun akan lebih cepat dan lebih terjamin. “Tentu kerjasama dengan semua partner hotel yang selama ini telah terjalin, harus tetap dilanjutkan dan dijaga” pungkas Eko. 

Oleh karena itu, IDeA Indonesia telah membuat kesepakatan secara lisan dengan Direktur lembaga konsultan perhotelan Excellence Plus Indonesia, Edi Purnomo. Saat memberikan keterangan tertulis melalui akun instagram yang di nukil redaksi, Edi mengungkapkan kebanggaannya dapat bekerjasama dengan IDeA Indonesia sebagai Lembaga Pelatihan Perhotelan Terbaik di Indonesia yang terus tumbuh dan berkembang. “Saya sangat amazed melihat perkembangan IDeA Indonesia. 2-3 tahun lalu baru mendapatkan gambaran rencana pengembangan IDeA Indonesia melalui cerita Pak Eko, hari ini saya melihat langsung IDeA Indonesia telah memiliki hotel terbaik di Kota Metro yang lebih mantap dari ceritanya”

Edi mengaku senang dan siap membantu rencana jangka panjang IDeA Indonesia ini karena memiliki kesamaan visi, yaitu menciptakan hotelier baik dan berkualitas di Indonesia.

Written by Rafi Royhan